Cara Daftar dan Menggunakan Google Drive

Apa itu Google Drive? Google Drive merupakan layanan atau tempat penyimpanan data secara online (internet) yang disediakan google secara gratis.  Layanan google drive juga sangat mudah digunakan serta mempunyai kapasitas penyimpanan mencapai 15 GB (giga byte) dan juga terintegrasi langsung dengan layanan milik google lainnya seperti Gmail, Google Plus dan lain lain. Jadi anda (kita) tidak perlu khawatir lagi untuk menyimpan file/data penting secara aman, bebas dari virus maupun hilang.
Cara Daftar dan Menggunakan Google Drive

Fitur-Fitur yang Disediakan Google Drive

  1. Kapasitas Penyimpanan yang Besar
    Kapasitas penyimpanan yang disediakan Google Drive mencapai 15 GB yang dapat anda gunakan secara gratis. Namun jika kapasitas penyimpanan tersebut masih kurang anda dapat meng-upgradenya dengan paket penyimpanan yang lebih besar sesuai kebutuhan secara premium. 
  2. Dapat Menyimpan File Apa Saja
    Dengan ruang penyimpanan yang besar anda dapat menyimpan file apa saja di Google Drive, anda dapat menyimpannya semua file seperti Dokumen, Foto, Video, PDF, Prensentasi, bahkan file MS Office lainnya. Tidak peduli jenis filenya, semua dapat anda simpan dengan aman di Google Drive.
  3. Dapat Melihat File Dimana Saja
    Dengan model penyimpanan secara online, maka file didalam Google Drive dapat dibuka dimana saja dan bisa di akses dari berbagai Smartphone, Tablet atau Komputer. Jadi, kemanapun anda pergi file/data anda selalu mengikuti.
  4. Berkolaborasi Secara Online
    Semua file didalam Google Drive hanya dapat diakses oleh anda, kecuali anda membagikannya dengan orang lain. Anda dapat membagikan file tertentu di drive anda dengan orang lain untuk melihat, berkomentar maupun mengedit file atau folder di drive yang anda pilih. Sehingga anda dengan mudah mendapatkan ide ide baru tentang file yang dibagikan.
  5. Keamanan File Terjaga
    Yang terpenting diantara semuanya adalah menjaga file agar selalu aman. Semua file yang tersimpan dalam Google Drive walaupun terjadi sesuai dengan komputer atau smartphone anda, karena drive dienkripsi dengan SSL, protokol keamanan yang juga google gunakan untuk gmail dan layanan google lainnya.
Fitur-Fitur Unggulan Google Drive
  1. Penulusuran Canggih
    Dengan teknologi searchsing google yang canggih yang ada di aplikasi Google Drive, anda dengan cepat menemukan file di drive anda sendiri dengan cara melakukan pencarian (searchsing), Google Drive dengan cepat menampilkan file yang dicari untuk anda.
  2. Suport Dengan Aplikasi Lainnya
    Google Drive juga suport terhadap lebih  dari 100 aplikasi lainnya. Anda bisa mengedit foto, merubah orientasi foto menjadi mode lanskap dan lainnya. Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut dari koleksi drive / manage apps.
  3. Spreadsheet, Dokumen dan Slide
    Anda dapat membuat dokumen baru, presentasi serta Spreadsheet dan berkolaborasi dengan orang melalui aplikasi Spreadsheet, dokumen dan slide dengan cepat dan instan.
  4. Dapat Bekerja Secara Offline
    Anda akan tetap dapat melihat file di drive meskipun ketika ponsel anda tidak tersambung jaringan internet, dengan cara menjadikan file tersebut tersedia secara offline.
  5. Google Formulir
    Google Formulir bisa anda gunakan untuk membuat dan menyebarkan survey secara online dengan cepat. Ketika anda buka hasilnya maka sudah tersusun dengan rapi dalam Spreadsheet. 
Setelah mengetahui fitur fitur dari Google Drive diatas, sudah bisa dipastikan menggunkan penyimpanan Google Drive sangat bermanfat buat kita semua yang memiliki file penting. Untuk memulainya tentu harus mendaftar dulu ke fasilitas Google Drive.

Cara Mendaftar Google Drive

Agar lebih mudah mendapatkan akun Google Drive sebaiknya anda mempunyai akun google dulu atau email google/gmail. Kalau belum punya lihat cara membuat email gmail dibawah:
Kalau email gmailnya sudah ada, login ke gmail kalau belum login. Setelah itu ikuti cara berikut:
1. Buka drive.google.com atau bisa klik Disini
2. Setelah terbuka, kira kira tampilannya seperti ini, seperti Google Drive punya saya:
Cara Menggunakan Google Drive
3. Maka dengan demikian Google Drive anda sudah aktif dan langsung dapat digunakan.

Cara Menggunakan Google Drive

Agar tampilannya terlihat rapi, sebaiknya anda membuat folder dulu atau sub folder supaya tampilannya terlihat menarik. Untuk membuat folder di Google Drive bisa langsung diklik kanan dan pilih folder baru, setelah itu anda juga bisa merubah warna dari folder tersebut sesuai yang di inginkan. 

Setelah itu tinggal mengupload file ke Google Drive anda atau kedalam folder di Google Drive sesuai kategori. Caranya: klik pada folder >> klik kanan pada halaman kosong >> unggah file. Anda juga bisa mengunggah langsung folder dari komputer kedalam Google Drive.

Untuk mengunduh aplikasi Google Drive diperangkat anda  silahkan klik Disini. Setelah aplikasi Google Drive  berhasil di unduh silhkan install seperti biasa, jika sudah terinstall aplikasinya langsung terbuka dan meminta kita login menggunakan gmail. Kalau sudah login, sebuah folder berlambang Google Drive akan bertambah di desktop anda. Maka anda bisa mengakses file dalam Google Drive lewat folder tersebut.

Comment Policy : Jika anda punya pertanyaan silahkan berkomentar dengan baik dan bijak. Dilarang keras berkomentar dengan unsur kekerasan, porno, provokasi dan rasis, jika ada komen yang demikian akan segera dihapus oleh admin.

0 komentar:

Top