Makanan, Minuman dan Buah yang Tidak Boleh Dimakan (konsumsi) Oleh Ibu Hamil

Kehamilan Adalah Suatu Anugerah Dari Tuhan untuk kita yang telah memberi kita keturunan, maka dari itu kita sudah seharusnya menjaga kesehatan si Ibu dan Bayinya. Terumatama menjaga makanan yang akan di konsumsi oleh Ibu Hamil agar kehamilan anda tetap sehat dan juga melahirkan dengan lancar, anda harus memperhatikan makanan apa saja yang yang menjadi pantangan untuk Ibu Hamil.

Makanan, Minuman dan Buah yang Tidak Boleh Dimakan (konsumsi) Oleh Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat Hamil:

1. Makanan yang Mengandung Pengawet
Wanita yang sedang Hamil sangat tidak dianjurkan  meng-konsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet, penyedap dan pewarna. Contoh makanan yang mengandung bahan pewangawet diantaranya seperti mie instan dan makanan yang mengandung zat kimia berbahaya lainnya, usahakan anda tidak dulu memakannya makanan seperti itu di saat Hamil.

2. Taoge Atau Kecambah
Nutrisi yang dikandung kecambah mentah memang baik, namun pada saat hamil sebaiknya anda tidak memakannya, karena dapat menyebabkan bakteri salmonella, (seperti kecambah kedelai, kecambah kacang hijau/taoge, kecambah bawang dan lain-lain).

3. Bayam
Mungkin anda mengira bayam sangat sehat untuk tubuh karena kaya akan zat besi, akan tetapi bayam tidak dianjurkan di makan oleh wanita hamil, tanya kenapa? karena Oxalic acid yang ada pada bayam juga akan menyerap zat besi pada tubuh wanita hamil. Dengan demikian jumlah asupan zat besi untuk sijanin jadi berkurang.

4. Keju Lunak
Wanita Hamil tidak dianjurkan memakan keju yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi, seperti pada soft cheese atau keju impor. Bakteri seperti Listeria biasanya ditemukan dalam keju lunak, dan itu dapat masuk plasenta serta dapat menyebabkan kerusakan pada bayi dan bahkan bisa mengancam nyawa. Oleh sebab itu hindarilah asupan keju lunak atau setengah lunak selama kehamilan anda.

5. Hot Dog
Makanan seperti Hot Dog atau sejenisnya juga termasuk jenis makanan yang tidak baik untuk ibu hamil dan janin. Jangan memakan makanan tersebut tanpa dipanaskan lagi atau dimasak ulang. Hot Dog diketahui terkontaminasi Listeria yang dapat menembus plasenta. Hal ini bisa menginfeksi janin dan menyebabkan berbagai komplikasi kehamilan, diantaranya keguguran, keracunan dalam darah, kelahiran prematur dan berbagai masalah lainnya bagi bayi yang baru lahir.

Berikut Ini Adalah Buah yang Harus Dihindari Saat Hamil:

1. Hindari Buah Nanas
Nanas merupakan Buah yang kaya akan bromelain yang tidak aman untuk kehamilan. Nanas juga dapat menyebabkan alergi atau penyakit perut seperti diare, sehingga tidak dianjurkan untuk di konsumsi oleh wanita hamil.

2. Hindari Buah Pepaya
Asupan buah pepaya juga dapat menyebabkan keguguran, terutama pepaya yang masih mentah ataupun setengah matang yang kaya akan lateks (getah), yang dikenal dapat memicu kontraksi rahim. Namun tidak dengan pepaya yang benar-benar telah matang, asalkan kulitnya telah dikupas dan dicuci dengan baik, pepaya yang sudah matang kaya akan gizi seperti vitamin C, mineral dan banyak nutrisi sehat lainnya.

3. Hindari Buah Durian
sebenarnya Durian kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan, namun bagi anda yang sedang hamil bisa beresiko jika makan berlebihan, buah durian bisa bersifat panas saat berada dalam perut, selain itu durian juga di duga mengandung kadar alkohol, orang normal saja jika makan durian yang berlebihan bisa kena efek samping seperti puyeng.

4. Hindari Buah yang Belum Dicuci
Saran yang paling penting bagi wanita hamil adalah untuk menghindari buah yang tidak dicuci atau produk buah yang tidak dipasteurisasi. Hal ini berlaku kepada seluruh jenis makanan, untuk menghindari infeksi berbagai bakteri seperti toksoplasmosis. Selain itu, kulit buah yang tidak dicuci memungkinkan menyimpan sisa pestisida yang bisa membahayakan.

Berikut Ini Adalah Beberapa Minuman yang Tidak Dianjurkan Untuk Wanita Hamil:

1. Kopi
2. Teh Hijau
3. Soft Drink
4. Minuman yang Mengandung Alkohol
5. Susu Mentah


Demikianlah artikel tentang Makanan, Minuman dan Buah yang Tidak Boleh Dimakan (konsumsi) Oleh Ibu Hamil, mudah-mudahan tulisan ini dapat Bermanfaat untuk anda. Wassalam!

Comment Policy : Jika anda punya pertanyaan silahkan berkomentar dengan baik dan bijak. Dilarang keras berkomentar dengan unsur kekerasan, porno, provokasi dan rasis, jika ada komen yang demikian akan segera dihapus oleh admin.

0 komentar:

Top